MENGGUNAKAN SWING DENGAN NETBEANS 6.7.1
Komponen
Swing
Ò Swing toolkit
menyediakan komponen untuk membangun aplikasi GUI desktop. Swing toolkit
juga menyediakan class-class untuk menangani
interaksi antara aplikasi
dan user menggunakan
standard input seperti
keyboard dan mouse.
Ò Komponen-komponen yang disediakan
swing mencakup semua GUI toolkit yang biasa digunakan dalam apilasi desktop,
seperti : JTabel, JList, JTree, JButton,
JLabel dan
masih banyak komponen - komponen lainnya yang sudah siap
pakai.
Bekerja dengan JLabel, JTextField dan Jbutton
Ò Label, textfield dan tombol adalah
komponen-komponen dasar yang selalu ada dalam setiap aplikasi berbasis desktop.
Ketiga komponen ini mempunyai fungsi yang sangat sederhana, textfield menyimpan
data berbentuk text
(string) yang relatif
pendek, label banyak digunakan untuk
memberikan keterangan penjelas
terhadap komponen lain dan tombol digunakan user untuk menjalankan satu
instruksi tertentu
Ò Berikut ini
adalah contoh aplikasi
sederhana yang melakukan penjumlahan dua buah bilangan
PEMBUATAN KALKULATOR SEDERHANA
MENGGUNAKAN NETBEANS 6.7.1
By RAVITA EKA DEWI
Berikut
adalah langkah2 untuk membuat program Kalkulator dengan menggunakan editor
Netbeans 6.7.1. Apabila dalam penjelasan ada yang tidak jelas, silakan email ke
rharaecha@gmail.com
Bagian-1
: User Interface.
1.
Buka NetBeans, buat Project baru(New Project) atau buka Project
yang sudah ada.
2.
Buat file JFrame Form baru, beri nama Kalkulator.
3.
Set Layout JFrame : Border
Layout
4.
Pasang 2 buah Panel ke JFrame, Panel ke-1(jPanel1) pada posisi North & yg ke-2(jPanel2) pada posisi Center.
5. Set Layout jPanel1 & jPanel2 : Grid Layout
5. Set Layout jPanel1 & jPanel2 : Grid Layout
6.
Pada Inspector, klik jPanel1. Pada properties-nya, ubah
nilai PreferedSize menjadi [xxx,75].
7.
Pada Inspector, klik GridLayout yang berada di bawah jPanel2. Pada properties-nya ubah nilai:
a.
Horizontal Gap : 10
b.
Rows : 4
c.
Vertical Gap : 10
8.
Pasang Text Field ke jPanel1. (jTextField1)
9.
Ubah nama variabel jTextField1 menjadi tfLayar.
10. Pada properties tfLayar ubah nilai :
a.
Editable : false
b.
Font : sesuai selera (contoh :
Courier New 24 Bold)
c.
Horizontal
Alignment :
Right
d.
Text : 0 (Nol)
e.
Background : [255,255,255]
11. Pasang Button ke jPanel2. (jButton1) Kemudian
sesuaikan jenis & ukuran Font sesuai selera.
12. Ubah nama variabel jButton1 menjadi btn1.
13. Pada properties btn1 ubah nilai :
a.
Font : sesuai selera (contoh :
Tahoma 24 Bold)
b.
Text : 1
14. Isi btn1 dengan “1” (Satu).
15. Klik btn1, kemudian copy (Ctrl + C), Kemudian tanpa
meng-klik apapun langsung paste (Ctrl + V), sampai button yang ada di jPanel2 ada sebanyak 20 button. Sehingga menjadi seperti gambar 1.
Pada properties masing2
Button, Ubah niai Text sehingga menjadi seperti gambar 2.GAMBAR 1 |
GAMBAR 2 |
1. Buat variabel2 baru, letakkan
sebelum fungsi public Kalkulator(). Seperti berikut :
private boolean titik = true, angkaBaru = true;
private double tampung = 0;
private int operator = 0;
2. Buat Fungsi addNumber dan hitung, letakkan setelah fungsi public Kalkulator(). Seperti berikut :
private void addNumber (String Number) {
String layar = tf_layar.getText();
double nilai = Double.parseDouble(layar);
if(angkaBaru) {tf_layar.setText(Number); angkaBaru = false; }
else tf_layar.setText(layar + Number);
}
private void hitung(char oper){
String layar = tf_layar.getText();
double nilai = Double.parseDouble(layar);
if(operator < 1) {
tampung = nilai;
} else if (!angkaBaru) {
switch(operator){
case 1: tampung *= nilai; break;
case 2: tampung /= nilai; break;
case 3: tampung += nilai; break;
case 4: tampung -= nilai; break;
case 5: tampung %= nilai; break;
}
}
angkaBaru
= true; titik = true;
String tmp = String.valueOf(tampung);
if(tmp.endsWith(".0"))
tmp = tmp.substring(0,tmp.length()-2);
tf_layar.setText(tmp);
System.out.println(tampung);
if(oper=='='){ operator = 0; tampung = 0; return; }
operator = (oper=='x'?1:oper=='/'?2:oper=='+'?3:oper=='-'?4:5);
3. Beri Event pada Button yang
mempunyai Text “1”, pada contoh nama variabelnya : btn11. Klik kanan, plih Event → Action → actionPerformed. Atau
dengan cara double
klik pada tampilan
Buttonnya. Kemudian ketikkan perintah berikut :
addNumber(btn11.getText());
4. Lakukan langkah nomor 3 untuk
Button yang mempunyai Text “2” – “9”. Ganti btn11 dengan nama variabel masing2
Button. Misal : “5” (btn7) → addNumber(btn7.getText());
5. Beri Event pada Button yg
mempunyai Text “0” & “00”. Pada contoh nama variabelnya : btn16 & btn18. Kemudian kettikkan perintah berikut :
a. “0” (btn16)
if(!angkaBaru) addNumber(btn16.getText());
else if(operator < 1) tfLayar.setText("0");
b. “00” (btn18)
if(!angkaBaru) addNumber(btn18.getText());
else if(operator < 1) tfLayar.setText("0");
6. Beri Event pada Button yg
mempunyai Text “.” (titik). Pada contoh nama variabelnya : btn17. Kemudian kettikkan perintah
berikut :
if(titik){
titik = false;
if(Double.parseDouble(tf_layar.getText()) == 0 || !angkaBaru)
tf_layar.setText(tf_layar.getText()+".");
else if(angkaBaru)
tf_layar.setText("0.");
angkaBaru = false;
7. Beri Event
pada Button yg
mempunyai Text “<”.
Pada contoh nama
variabelnya : btn20. Kemudian
kettikkan perintah berikut :
String layar = tf_layar.getText();
double nilai = Double.parseDouble(layar);
if(nilai != 0){
if(layar.length() == 1) {layar
= "0"; angkaBaru = true;}
else {
if(layar.charAt(layar.length() - 1) == '.') titik = true;
layar = layar.substring(0,
layar.length()-1);
}
} else if(!titik) {
if(layar.charAt(layar.length() - 1) == '.') {
titik = true; angkaBaru = true;
}
layar = layar.substring(0, layar.length()-1);
}
tf_layar.setText(layar);
8. Beri Event pada Button yg
mempunyai Text “C” dan “AC”. Pada contoh nama vaiabelnya : btn4 & btn5. Kemudian
ketikkan perintah berikut :
a.
“C” (btn4) → tfLayar.setText("0");
angkaBaru = true; titik = true;
b. “AC” (btn5) → btn4ActionPerformed(evt); tampung = 0; operator = 0;
9. Beri Event pada Button yg
mempunyai Text “x”, “/”, “+”, “-” dan “=”. Pada contoh nama vaiabelnya : btn9,
btn10, btn14, btn15 & btn19. Kemudian ketikkan perintah
berikut :
hitung('x');
10. Selesai. Running...
0 komentar:
Posting Komentar