Rhara blog's

Kamis, 02 Agustus 2012

MATERI PJJ


MENGGUNAKAN SWING  DENGAN NETBEANS 6.7.1

Komponen Swing
Ò  Swing   toolkit   menyediakan komponen   untuk  membangun aplikasi GUI desktop. Swing toolkit juga menyediakan class-class   untuk  menangani   interaksi   antara   aplikasi  dan   user  menggunakan   standard   input   seperti   keyboard   dan   mouse.
Ò  Komponen-komponen yang disediakan swing mencakup semua GUI toolkit yang biasa digunakan dalam apilasi desktop, seperti : JTabel, JList,   JTree,   JButton,   JLabel   dan   masih   banyak   komponen - komponen lainnya yang sudah siap pakai.
Bekerja dengan JLabel, JTextField dan Jbutton
Ò  Label, textfield dan tombol adalah komponen-komponen dasar yang selalu ada dalam setiap aplikasi berbasis desktop. Ketiga komponen ini mempunyai fungsi yang sangat sederhana, textfield menyimpan data   berbentuk   text   (string)   yang   relatif   pendek,   label   banyak digunakan   untuk   memberikan   keterangan   penjelas   terhadap komponen lain dan tombol digunakan user untuk menjalankan satu instruksi tertentu
Ò  Berikut   ini   adalah   contoh   aplikasi   sederhana   yang   melakukan penjumlahan dua buah bilangan

PEMBUATAN KALKULATOR SEDERHANA
MENGGUNAKAN NETBEANS 6.7.1
By RAVITA EKA DEWI

Berikut adalah langkah2 untuk membuat program Kalkulator dengan menggunakan editor Netbeans 6.7.1. Apabila dalam penjelasan ada yang tidak jelas, silakan email ke rharaecha@gmail.com

Bagian-1 : User Interface.
1.       Buka NetBeans, buat Project baru(New Project) atau buka Project yang sudah ada.
2.       Buat file JFrame Form baru, beri nama Kalkulator.
3.       Set Layout JFrame : Border Layout
4.       Pasang 2 buah Panel ke JFrame, Panel ke-1(jPanel1) pada posisi North & yg ke-2(jPanel2) pada posisi Center
5.       Set Layout jPanel1 & jPanel2 : Grid Layout
6.       Pada Inspector, klik jPanel1. Pada properties-nya, ubah nilai PreferedSize menjadi [xxx,75].
7.       Pada Inspector, klik GridLayout yang berada di bawah jPanel2. Pada properties-nya ubah nilai:
a.       Horizontal Gap : 10
b.      Rows : 4
c.       Vertical Gap : 10
8.       Pasang Text Field ke jPanel1. (jTextField1)
9.       Ubah nama variabel jTextField1 menjadi tfLayar.
10.   Pada properties tfLayar ubah nilai :
a.       Editable : false
b.      Font : sesuai selera (contoh : Courier New 24 Bold)
c.       Horizontal Alignment : Right
d.      Text : 0 (Nol)
e.      Background : [255,255,255]
11.   Pasang Button ke jPanel2. (jButton1) Kemudian sesuaikan jenis & ukuran Font sesuai selera.
12.   Ubah nama variabel jButton1 menjadi btn1.
13.   Pada properties btn1 ubah nilai :
a.       Font : sesuai selera (contoh : Tahoma 24 Bold)
b.      Text : 1
14.   Isi btn1 dengan “1” (Satu).
15.   Klik btn1, kemudian copy (Ctrl + C), Kemudian tanpa meng-klik apapun langsung paste (Ctrl + V), sampai button yang ada di jPanel2 ada sebanyak 20 button. Sehingga menjadi seperti gambar 1.
       Pada properties masing2 Button, Ubah niai Text sehingga menjadi seperti gambar 2.
GAMBAR 1
GAMBAR 2
 Bagian-2 : Modifikasi Source code.
1.       Buat variabel2 baru, letakkan sebelum fungsi public Kalkulator(). Seperti berikut :
private boolean titik = true, angkaBaru = true;
private double tampung = 0;
private int operator = 0;
2.       Buat Fungsi addNumber dan hitung, letakkan setelah fungsi public Kalkulator(). Seperti berikut :
private void addNumber (String Number) {
        String layar = tf_layar.getText();
        double nilai = Double.parseDouble(layar);
        if(angkaBaru) {tf_layar.setText(Number); angkaBaru = false; }
        else tf_layar.setText(layar + Number);
    }
    private void hitung(char oper){
        String layar = tf_layar.getText();
        double nilai = Double.parseDouble(layar);
         if(operator < 1) {
            tampung = nilai;
   }     else if (!angkaBaru) {
            switch(operator){
            case 1: tampung *= nilai; break;
            case 2: tampung /= nilai; break;
            case 3: tampung += nilai; break;
            case 4: tampung -= nilai; break;
            case 5: tampung %= nilai; break;
                            }
                              }
   angkaBaru = true; titik = true;
   String tmp = String.valueOf(tampung);
   if(tmp.endsWith(".0"))
      tmp = tmp.substring(0,tmp.length()-2);
   tf_layar.setText(tmp);
        System.out.println(tampung);
   if(oper=='='){ operator = 0; tampung = 0; return; }
   operator = (oper=='x'?1:oper=='/'?2:oper=='+'?3:oper=='-'?4:5);
3.       Beri Event pada Button yang mempunyai Text “1”, pada contoh nama variabelnya : btn11. Klik kanan, plih EventActionactionPerformed.  Atau  dengan  cara  double  klik  pada  tampilan  Buttonnya. Kemudian  ketikkan  perintah berikut :
addNumber(btn11.getText());
4.       Lakukan langkah nomor 3 untuk Button yang mempunyai Text “2” – “9”. Ganti btn11 dengan nama variabel masing2
Button. Misal : “5” (btn7) addNumber(btn7.getText());
5.       Beri Event pada Button yg mempunyai Text “0” & “00”. Pada contoh nama variabelnya : btn16 & btn18. Kemudian kettikkan perintah berikut :
a.    “0” (btn16)
if(!angkaBaru) addNumber(btn16.getText());
else if(operator < 1) tfLayar.setText("0");
b.    “00” (btn18)
if(!angkaBaru) addNumber(btn18.getText());
else if(operator < 1) tfLayar.setText("0");
6.       Beri Event pada Button yg mempunyai Text “.” (titik). Pada contoh nama variabelnya :  btn17. Kemudian kettikkan perintah berikut :
if(titik){
            titik = false;
        if(Double.parseDouble(tf_layar.getText()) == 0 || !angkaBaru)
            tf_layar.setText(tf_layar.getText()+".");
        else if(angkaBaru) tf_layar.setText("0.");
            angkaBaru = false;
7.       Beri  Event  pada  Button  yg  mempunyai  Text  “<”.  Pada  contoh  nama  variabelnya  :  btn20.  Kemudian  kettikkan perintah berikut :
String layar = tf_layar.getText();
            double nilai = Double.parseDouble(layar);
            if(nilai != 0){
                if(layar.length() == 1) {layar = "0"; angkaBaru = true;}
                else {
                    if(layar.charAt(layar.length() - 1) == '.') titik = true;
                    layar = layar.substring(0, layar.length()-1);
                     }
           } else if(!titik) {
       if(layar.charAt(layar.length() - 1) == '.') {
       titik = true; angkaBaru = true;
       }
   layar = layar.substring(0, layar.length()-1);
}
tf_layar.setText(layar);
8.       Beri Event pada Button yg mempunyai Text “C” dan “AC”. Pada contoh nama vaiabelnya :  btn4btn5. Kemudian
ketikkan perintah berikut :
a.       “C” (btn4) tfLayar.setText("0"); angkaBaru = true; titik = true;
b.      “AC” (btn5) btn4ActionPerformed(evt); tampung = 0; operator = 0;
9.       Beri Event pada Button yg mempunyai Text “x”, “/”, “+”, “-” dan “=”. Pada contoh nama vaiabelnya :  btn9, btn10, btn14, btn15 & btn19. Kemudian ketikkan perintah berikut :
hitung('x');

10.   Selesai. Running... 





0 komentar:

Template by : auraipank.blogspot.com