Rhara blog's

Kamis, 02 Agustus 2012

UJIAN AKHIR PENDIDIKAN JARAK JAUH


SOAL  1
-          Jawaban-ku :
Menurut Pengajar (Guru/Dosen) : Pendidikan tatap muka sudah sering dilaksanakan. Perbedaan terlihat jelas antara Pendidikan Tatap Muka dan Pendidikan Jarak Jauh adalah media yang digunakan untuk mengajar. Jika pendidikan tatap muka menggunakan papan tulis dan pengajar masuk ruangan yang disediakan untuk belajar. Sedangkan Pendidikan Jarak Jauh tidak membutuhkan papan tulis untuk menjelaskan materi pelajaran dan tidak membutuhkan ruangan untuk belajar dengan sang pengajar. Pendidikan Jarak Jauh membutuhkan alat komunikasi seperti internet untuk komunikasi antara pengajar dan peserta didik.
Menurut Didik (Siswa/Mahasiswa): Pendidikan Jarak Jauh lebih menghemat biaya untuk pergi ke sekolah atau kampus dan juga bisa menghemat tenaga, tapi ada sistem Pendidikan Jarak Jauh tidak berfungsi karena masalah SDM atau masalah Media yang digunakan tidak berfungsi dengan baik untuk melakukan Pendidikan Jarak Jauh. Pendidikan Tatap Muka membutuhkan biaya untuk pergi ke kampus/sekolah untuk menerima pelajaran. Dan jika ada siswa/mahasiswa yang kurang jelas terhadap materi akan langsung dijawab oleh pengajar yang sedang mengajar.
Bahan Ajar yang Digunakan : Dalam Pendidikan Jarak Jauh bahan ajar/media ajar yang digunakan biasa berbentuk virtual dalam dunia internet, misalnya : ebook, video, audio, dan lian-lain. Dan siswa/mahasiswa harus men-download materi tersebut untuk bisa mempelajarinya. Sedangkan Pendidikan Tatap Muka bahan ajar/media ajar yang digunakan berbentuk cetak atau nyata, misalnya : buku-buku pelajaran, papan tulis untuk menerangkan materi yang siswa/mahasiswanya kurang jelas dan pengajar biasanya juga akan kembali menerangkan materi tersebut jika masih ada siswa/mahasiswa yang kurang jelas dengan materi tersebut.

SOAL  2
-          Jawaban-ku :
Media Pembelajaran dalam PJJ harus di imbangi dengan kemampuan SDM untuk menggunakan alat tersebut, karena jika SDM tidak bisa menggunakan alat untuk PJJ maka proses belajar mengajar dalam PJJ juga tidak akan bisa berlangsung, dan sebaliknya meskipun SDMnya cerdas dan tidak Gagap Teknologi tetapi tidak ada alat pembelajaran yang baik dan layak maka pembelajaran dalam PJJ juga tidak akan berlangsung.
Kriteria Media Pembelajaran :
o   Media yang dapat mudah digunakan oleh pengajar dan peserta didik.
o   Media yang tidak terlalu mahal untuk kalangan ekonomi menengah kebawah.
o   Media yang fleksibel dan efektif untuk menerima materi pelajaran.

SOAL  3
-          Jawaban-ku :
Faktor Pendukung :
1.      Sumber Daya Manusia yang berkompetensi
2.      Media atau Alat yang baik dan bisa digunakan
3.      Dana yang dimiliki oleh SDM
Kendala :
1.      Masyarakat Indonesia yang kurang tertarik akan kemajuan teknologi
2.      Kemampuan SDM banyak yang kurang memadai
 

Semoga para pembaca senang membacanya........
Salam

-Ravita-

0 komentar:

Template by : auraipank.blogspot.com